Beranda | Artikel
Salah Satu Bacaan Dzikir Pagi Petang
Kamis, 17 April 2014

img_1368953317_585

Kaum muslimin yang dirahmati Allah,

Tidaklah samar bagi kita besarnya keutamaan dzikir bagi setiap muslim. Diantara bacaan dzikir yang dianjurkan untuk dibaca di waktu pagi dan sore adalah, ‘Yaa Hayyu, Yaa Qayyuumu bi Rahmatika Astaghiitsu, Ashlih lii Sya’nii Kullahu, wa Laa Takilnii ila Nafsii Thorfata ‘Ainin’ artinya, “Wahai Dzat Yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri. Dengan rahmat-Mu aku memohon keselamatan dan perlindungan. Perbaikilah urusanku semuanya, dan janganlah Engkau serahkan aku bersandar kepada diriku sendiri, walaupun hanya sekejap mata.”

(HR. al-Hakim dan beliau mensahihkannya, disepakati oleh adz-Dzahabi, lihat Hishnul Muslim)

> Bacaan Dzikir Pagi Petang yang lain misalnya :

‘Hasbiyallahu laa ilaaha illa huwa, ‘alaihi tawakkaltu wa huwa Rabbul ‘arsyil ‘azhiim’ artinya, “Cukuplah Allah bagiku. Tiada ilah/sesembahan yang benar selain Dia. Kepada-Nya semata aku bertawakal, dan Dia Rabb yang menguasai Arsy yang maha besar.” dibaca sebanyak 7 kali (HR. Ibnus Sunni dan Abu Dawud, lihat Hishnul Muslim)

3ed3311891651f79885b52a601cbf004

___

> Bacaan Doa Untuk Berlindung Dari Syirik dan Riya’

‘Allahumma inni a’uudzubika an usyrika bika wa ana a’lamu, wa astaghfiruka limaa laa a’lamu’ artinya, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari mempersekutukan-Mu dalam keadaan aku mengetahui, dan aku mohon ampun kepada-Mu dari dosa-dosa yang tidak aku ketahui.” (HR. Ahmad, lihat Hishnul Muslim)

azkar-mtnawea0031

> Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Perumpamaan orang yang mengingat Rabbnya dengan orang yang tidak mengingat Rabbnya adalah seperti perumpamaan orang yang hidup dengan orang yang mati.” (HR. Bukhari)

Unduh Juga :

> Hishnul Muslim min Adzkar al-Kitab wa as-Sunnah, Syaikh Dr. Sa’id bin Wahf al-Qahthani


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/salah-satu-bacaan-dzikir-pagi-petang/